Selasa, 01 Februari 2011

Home Stay 2010

Hari senin, hari yang ditunggu-tunggu oleh seluruh anak kelas 9 di baitulmaal pun tiba. Aku bangun lebih cepat dari biasanya, karena masih banyak yang
belum ku persiapkan.  Setelah solat subuh aku langsung mengecek daftar barang-barang yang harus dibawa, dan ternyata barang-barang yang belum ku siapkan sudah di siap kan oleh Ummi ku, lega deh. Lalu aku mandi. Setelah sarapan pagi, aku langsung pamit ke orang tua ku. Dan berangkat menuju tempat bus-bus menunggu.

Sampai di tempat bus, aku langsung mencari bus yang mana yang akan ku naiki, karena Cuma ada 2 bus, jadi gampang deh. Aku masuk kedalam bus, “bukan bus AC” ketus ku, tapi ya lumayan lah. Aku berkumpul dengan kelompokku, mengecek barang-barang yang belum disiap kan. Ternyata ada 1 yang aku lupa, bawa bawa tali sama tempat buat nametag. Dan ternyata, bukancuma aku yang lupa, lalu aku dan teman-teman yang belum dapat tempat untuk nametag nya langsung mencaridi toko-toko photocopy, karena masih pagi, jadi enggak ada toko yang buka, Jadi aku kembali ke dalam bus. Disana ternyata ada teman 1 kelompok ku yang bawa tempat nametag banyak, jadi aku minta deh, meskipun ga ada talinya tapi lumayan lah. Lalu semua anak kelas 9 sudah hadir. Kami berangkat menuju lokasi HomeStay.

Lelah membayangkan lokasi yang akan aku tempati, tak terasa sudah sampai ditujuan. Aku pun turun dan membawa barang-barang bawaan. Meskipun suasana tempat nya berbeda dari yang ku bayangkan,tapi lumayanlah, rasa lelah di perjalanan terbayarkan. Disana masih hijau, banyak sawah-sawah nya dan udaranya masih segar. Lalu kami langsung menuju ruang tempat kami menaruh tas dan tempat untuk tidur. Setelah itu kami diberikan waktu untuk istirahat dan menyiap kan barang-barang. Setelah itu kami di suruh berkumpul untuk me-resmikan
acara HomeStay itu.

Lalu kami makan dari makanan yang di siap kan oleh ibu-ibu di desa itu. Setelah makan, kami solat bersama-sama di jama’ qasar. Setelah makan dan solat, kami istirahat sebentar untuk mempersiapkan diri untuk berkunjung ke tempat-tempat yang ada di desa itu, seperti kolam ikan running water dan rumah-rumah yang membuat bunga-bunga kering untuk hiasan. Kami disambut oleh warga-warga disana dengan sangat ramah. Banyak yang ingin kami ketahui, tapi semua pertanyaan kami harus disimpan dulu untuk tugas observasi besok.

Kami melanjut kan kunjungan kami. lalu kami sampai di sebuah komplek kecil, sesuatu membuat kami merasa malu, disana kami melihat semua warga sedang berkumpul dan berbaris untuk membangun musholla bersama-sama, bapak-bapak membangun musholla nya, ibu-ibu dan anak-anak nya membantu membawa semen serta batu-batu untuk pembuatan musholla, semua membantu. Lalu kami pun ikut membantu membawakan batu-baru dan semen itu. Setelah itu kami kembali ke villa tempat kami menginap. Kunjungan yang mengesankan

Lalu kami di berikan waktu bebas untuk istirahat, mandi dan lain-lain. Malam pun tiba , kelompok kami mempersiap kan pertanyaan-pertanyaan untuk observasi besok. karena aku makannya telat, jadi aku dan beberapa teman ku enggak dapet tempat untuk tidur, jadi kami mencari tempat lain untuk tidur. Ada tempat di samping saung musholla, jadi kami tidur disana deh, tapi karena saung itu ada di atas air dan ga ada pembatas nya, jadi rada-rada takut. Suara air yang di sebab kan oleh ikan menemani ku hingga aku tidur.

Hari kedua, bangun dari tidur yang pulas. Langsung ambil wudhu dan solat tahajut, lalu solat subuh. Setelah itu kami di berikan waktu untuk istirahat untuk mempersiap kan diri dan kelompok untuk melakukan observasi. Lalu kami bergantian mandi, karena kamar mandi nya cuma 2, 1 ikhwan 1 akhwat. Ga semua anak mandi, munkin karena ngantri nya kelamaan atau emang males kali. Abis mandi, kami makan, lalu kami di kumpulkan untuk pembagian lokasi tugas obserbasi. Kelompok ku mendapat tugas di tempat running water.

Semua kelompok mulai berpencar menuju lokasi observasi masing-masing. Aku dan kelompok ku pun juga berangkat. Dengan antusias kami pun pergi ke lokasi Running water. Setelah sampai disana, kami mencari siapa pemilik kolam tersebut. setelah kira-kira 20 menit kami mencari dan menunggu, kami memutus kan untuk kembali ke villa, dengan kecewa. Lalu kami disuruh balik ke kolam running water oleh guru-guru, siapa tau pemilik nya sudah ada katanya.Lalu kami pun kembali ke kolam running water. Sampai disana kami menunggu lagi karena sang pemilik tak kunjung datang. Akhir nya kami membagi 2 tugas , setengah kembali ke villa untuk menginformasikan bahwa pemilik kolam itu enggak ada, setengah nya lagi menunggu di peternakan ikan kalau sang pemilik datang, aku kebagian nungguin di kolam.

Setelah beberapa menit menunggu, sang pemilik datang. Aku bersama seorang teman ku kembali ke villa untuk memberitahukan teman kelompokku yang lain. Dan ternyata teman-teman ku yang tadi kembali ke villa sudah melakukan observasi di tempat yang lain, jadi kami menunggu hingga observasi itu selesai, lalu kami kembali ke tempat kolam runngin water untuk melakukan observasi. Jadi 2 kali observasi. Setelah menanyakan dan mencatat pertanyaan-pertanyaan yang “hampir” secara detail tentang kolam ikan running water itu, kami kembali ke villa.

Setelah sampai kembali di villa, dan semua kelompok selesai melaksanakan observasi, kami di berikan waktu bebas untuk menyempurnakan tugas itu dan istirahat. Lalu setelah itu kami solat zuhur dan ashar berjamaah, setelah solat kami pun makan siang. Kami mempersiapkan alat-alat yang akan kami pakai untuk perlombaan yang akan kami buat di TPA sana, dan setelah itu kami pun mengunjungi TPA yang ada di daerah tersebut.

Sampai disana, ternyata ramai sekali, anak-anak tampak sangat antusias. Lalu kami pun memulai perlombaan yang pesertanya adalah anak-anak TPA di daerah tersebut. Setiap kelompok harus membuat 1 permainan untuk dimainkan oleh anak-anak, kami telah mempersiapkan sebuah permainan , yaitu meniup balon sampai pecah, dan ternyata sampai ada yang nangis karena takut. Di kelompok lain ada yang menyanyi dan lain-lain. Setelah selesai melaksanakan perlombaan,kami pun memberikan hadiah kepada seluruh peserta lomba, dan kami berfoto bersama anak-anak TPA. Setelah selesai, kami pun kembali ke vila.

Kami sampai kembali di villa. “Cape’ bener, tapi seruu” kata dalam hati, dan sepertinya semua merasakan hal yang sama denganku. Kami pun diberi waktu untuk bebas sebentar. Dan setelah itu kami menangkap ikan yang ada di kolam. Dan sebagian ikhwan yang telah menangkap ikan pergi ke sungai untuk membersihkan diri.

Setelah melewati kejadian-kejadian yang seru dan selesai membersihkan diri di sungai, ikhwan yang berada di sungai segera kembali ke villa, di perjalanan ke villa, kami dikejar anjing yang disana, wah untung ga sampai kegigit. Kami pun sampai di villa, dan ternyata ikan bakar nya sudah matang dan kami kelaperan jadi kami langsung menyantap nya. Ada beberapa yang tidak mau,dan ada yang kehabisan ikan nya. Setelah kenyang, kami istirahat

Tidak terasa hari pun sudah mulai gelap, lalu petugas azan pun melaksanakan tugasnya, dan kamipun segera melaksanakan shalat maghrib dan isya berjama’ah. Dan dilanjutkan dengan membaca al ma’tsurat. Setelah itu, kami makan malam. Setelah makan malam, kami diberikan waktu bebas untuk melaksanakan evaluasi kegiatan pada hari itu.

Evaluasi pada hari itu berjalan cukup baik,meski melelahkan. tetapi ada anggota kelompok yang tidak ikut bekerja membuat berita acara. Lalu, setelah selesai melakukan evaluasi, masing-masing ketua kelompok mengumpulkan hasilnya kepada guru.

Entah kenapa, malam itu aku susah tidur. Mungkin karena besok sudah pulang ke Jakarta. Untung bukan cuma aku yang ga bisa tidur, jadi ga takut. Merenung kejadian-kejadian di saat homestay, karena besok kami sudah pulang kembali ke sekolah. Dan kami terpaksa tidur, karena besok pagi harus beres-beres untuk pulang.

Aku dan teman-temanku bangun sekitar pukul 4 pagi, meski tidur nya tidak selama di rumah, tapi aku merasa sangat semangat. lalu kami segera wudhu dan melaksanakan shalat tahajud, dan dilanjutkan dengan shalat subuh dan membaca dzikir al-ma’tsurat pagi. Setelah itu, diberikan waktu yang cukup lama untuk istirahat dan membereskan barang. yang masih ngantuk segera tidur lagi, tetapi ada juga ikhwan dan akhwat yang bermain dan pergi ke sungai.

Setelah selesai bermain di sungai, ikhwan dan akhwat segera berkumpul untuk melaksanakan senam pagi, dan yang sedang tidur juga dibangunkan untuk ikut serta. Tapi karena banyak yang lebih memilih lari pagi, jadi kami semua lari deh menuju jalan yang lumayan panjang. Setelah kami berolahraga (lari pagi), kami pun sarapan, dan setelah itu semua makan, kami di berikan waktu istirahat lagi untuk bersiap-siapdan mandi.

Setelah semua nya selesai mandi dan selesai menyiapkan tas-tas dan barang-barang.

Kami melaksanakan upacara penutupan homestay 2010 itu sebagai penutup. Dan setelah itu, kami berfoto-foto bersama, setelah berfoto-foto, kami pamit pada pemilik vila dan memberikan sedikit kenang-kenangan. Sebelum pulang kami memborong permen yupi yang ada di warung di dekat vila itu. Di perjalanan, suasana nya sangat berbeda dengan perjalanan berangkatnya, di bus suasananya tenang, mungkin karena kelelahan.

Perjalanan itu terasa begitu cepat, dan akhir nya kami pun sampai di sekolah. Satu persatu siswa pun pulang, ada yang di jemput oleh orang tuanya, dan ada yang pulang sendiri. Dan tidak lama kemudian, Abi ku pun datang untuk menjemput ku. Dan di rumah, aku menceritakan semua yang ku lalui di homestay itu pada keluarga ku, meskipun tidak semuanya dapat diceritakan dengan kata-kata.